Welcome To My Pena

Welcome To My Pena,

Please come in, don't forget to Say
'Assalammu'alaykum warahmatullahi wabarakatuuh'

This is Pena Area,
it's talk about story, expression, and other 'curcol'
Disini saya belajar menulis
belajar berbagi
belajar ber-ekspresi
dan belajar mendulang hikmah
Semoga tulisan-tulisan dapat bermanfaat, dan menambah amalan positif. amiin.






Rabu, 26 Januari 2011

Aku dilamar ;)


Aku dilamar ;)
Ya, itu adalah sepenggal kalimat yang terucap, tatkala cincin dari sang calon suami terpasang di jari manis tangan kanan. Membaca judul ini pasti membuat sobat sekalian penasaran. Tapi ini bukan bercerita tentang saya, tapi tentang sobat karib saya. hehehehehe. :D

Saya sangat tertarik sekali untuk dapat hadir di acara lamaran ini, hal ini disebabkan karena : 1. Saya belum pernah ikut acara lamaran; 2. Keingintahuan yang sangat besar, apa aja sih hal yang dilakukan ketika lamaran; 3. Hitung-hitung buat pengalaman. :)

Adapun prosesi dan persiapan lamaran adalah sebagai berikut :
(Ini edisi dari hasil review dan penelahaan saya saja)
1. Dari Pihak Laki-laki : barang bawaan : a) semuanya serba makanan lunak : intip punya intip : ada kue, buah, dan makanan snack lainnya. b) cincin (buat tanda lamaran), hahay. c) Bawa orang tua, saudara kandung, sepupu, paman, tante *boleh dibawa lah, terutama keluarga inti. d) bawa Juru bicara, ini boleh bawa sesepuh kampung, ustadz yang dipercaya, atau sesepuh di keluarga *up to you lah.

2. Dari Pihak Wanita : siapkan jamuan : a) Makanan ringan : menunya bisa pilih-pilih sesuai selera. b) Makanan berat : supaya sang tamu tidak kelaparan setelah acara. c). Persiapkan mental dan keikhlasan diri untuk menjawab "bahwa saya menerima lamarannya dengan keikhlasan hati". d) Jamuan untuk di bawa pulang para tamu *istilahnya kembaliin kali ya, #cukup dengan makanan ringan ajah, bisa bolu, brownies, banyak deh pilihannya.

3. Acara Selama proses lamaran :
a. Tamu dari pihak laki-laki datang, diterima dengan baik oleh tuan rumah.
b. Sambutan oleh sesepuh keluarga pihak wanita. Menanyakan maksud dan tujuan tamu datang.
c. Jawaban dari sesepuh keluarga pihak laki-laki. Menjelaskan maksud dan tujuan *ditambahi dengan sedikit ceramah. Mengenalkan seluruh keluarga inti di pihak laki-laki, dan keluarga yang dibawa datang ke rumah pihak wanita.
d. Permohonan lamaran kepada pihak wanita, dan pihak wanita sendiri yang langsung menjawab, *tidak boleh diwakili.
e. Jawaban atas permohonan, *sekilas oleh sesepuh pihak keluarga wanita, dan jawaban langsung dari pihak wanita.
f. Prosesi terima kasih dari pihak laki-laki, dan do'a.
g. Pemberian dan pemasangan cincin oleh ibu dari pihak laki-laki kepada pihak wanita.
h. Ramah Tamah dan makan-makan.

*Barakallah ya ukhti, semoga acara walimatul 'ursy di bulan April 2011 nanti lancar, amiin

 

2 komentar: